Minggu, 27 Januari 2019

Yesus dan Beelzebul

Senin, 28 Januari 2019

Mrk 3:22Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: "Ia kerasukan Beelzebul," dan: "Dengan penghulu setan Ia mengusir setan."
Mrk 3:23Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: "Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis?
Mrk 3:24Kalau suatu kerajaan terpecah-pecah, kerajaan itu tidak dapat bertahan,
Mrk 3:25dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan.
Mrk 3:26Demikianlah juga kalau Iblis berontak melawan dirinya sendiri dan kalau ia terbagi-bagi, ia tidak dapat bertahan, melainkan sudahlah tiba kesudahannya.
Mrk 3:27Tetapi tidak seorangpun dapat memasuki rumah seorang yang kuat untuk merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu. Sesudah itu barulah dapat ia merampok rumah itu.

Renungan:

Anak-anak, pada hari ini para ahli Taurat menuduh Yesus yang banyak membuat mujijat: menyembuhkan orang, dan mengusir roh jahat. Para Ahli Taurat mengatakan bahwa Yesus menggunakan kuasa setan. Namun, Yesus memberi penjelasan. Tidak mungkin setan menghancurkan dirinya sendiri.
Sebaliknya, Yesus datang ke dunia untuk menghancurkan setan yang telah memperbudak kita untuk melakukan dosa. Di dalam alkitab, setan mempunyai banyak istilah, di antaranya iblis, Belzebul (pangeran setan), roh jahat, bapak pendusta, Lucifer (malaikat yang memberontak Allah dan akhirnya mendirikan kerajaan setan/kerajaan kegelapan).
Yesus mengumpamakan setan dengan seorang perampok. Setan bisa masuk dalam hati kita dan merampok iman/keyakinan kita kepada Allah dan kesiapan kita melakukan perintah-perintah Allah.
Anak-anak, kalau tuan rumah lebih kuat dari perampok, maka perampok itu tidak bisa merampok. Kita tidak bisa menghadapi setan dengan kekuatan kita sendiri. Kita memerlukan kekuatan Allah untuk kelawan setan. Bagaimana caranya? Kita harus menaati perintah-perintahnya dan tidak akan mengizinkan siapapun untuk mengendalikan hawa nafsu dan keinginan-keinginan kita, kecuali Yesus saja.
Doa:
Ya Yesus, Engkau berkuasa mengusir setan. Bantulah kami dengan kekuatan-Mu agar kami pun dapat mengusir setan yang selalu menggoda kami untuk menjauh dari-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan dan juruselamat kami. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar